Gerakan Wanitta

Ok gan kita lanjutin tentang apa yang dibaas sebelumnya, di gerakan wanita 1, sebelumnya saya minta maaf karena pada posing yang pertama saya tidak megetik sampai selesai padahal cuman dikit yah hehe ma’lum lah pelajar kadang lagi semangat kadang juga males banget tapi untuk kelanjutan materi gerakan wanita saya akan bahas dalam postingan kali ini ok langsung aja
d. Kerajnan Amal setia (KAS) 1914
                Didirikan di kota gadang sumatera barat oleh Rohana kudus. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendidikan wanita dengan mengajarkan cara-cara mengatur rumah tangga, membuat barang-barang kerajinan tangan beserta caramemasarkannya. Pada tahu itu juga berhasil mendirikan sekolah sebelum terbentuk diniyah putri di padang panjang.
e. aisyiah 1917
                Didirikan 22 1april 1917 merupakan bagian wanita dari muhammadiah. Pendirinya adalah Nyai H Siti Walidah Ahmad Dahlan. Kegiatan utama adalah memajukan pendidikan dan keagamaan bagi kaum wanita, memelihara anak yatim dan menanamkan rasa kebangsaan lewat kegiatan organisasi agar kaum wanita dapat megambil peranan aktif dalam pergerakan nasional.
f.Percintaan ibu kepada anak turunannya (PIKAT) 1917
                didirikan juli 1917 oleh maria walanda maramis di manado, Sulawesi utara. Tujuannya untuk  memajukan pendidikan kaum wanita dengan cara mendirikan sekolah sekolah rumah tangga 1918 untuk mendidik anak anak perempuan yang telah tamat SR. yang di ajarkan adalah cara cara mengatur rumah tangga yang baik , keterampilan, dan menanamkan rasa kebangsaan.

udah selesai sob ntar saya lanjut lagi yah ke bahasan materi selanjutnya tentang kongres perempuan Indonesia tunggu aja gax bakalan lama kok hehe lagi semangat semangat nya posting gkgkgkgk

semoga bermanfaat mohon maaf apabila masih ada yang kurang,,
ma’lum masih belajar

No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.