Gerakan wanita

Mumpung lagi semangat posting nieh hahay,, kali ini saya posting tentang  mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) yaitu sejarah,,
tadi pagi mau presentasi  tentang teori gerakan wanita eeh malah waktunya habis jadi ga jadi deh presentasinya hehe ga apa apalah minggu depan juga masih bisa hehe, kok jadi curhat gini yach Ok langsung aja brother. Sekarang saya akan posting tentang gerakan wanita yang tadi pagi mau saya presentasiin di depan kelas tapi sayang nya ga jadi hehe kok balik lagi ke sana yach,, udahlah dari pada pusing bulak balik meningan langsug aja ke materi ini dia..
                Gerakan wanita, Pada mulanya gerakan wanita merupakan bagian dari organisasi lokal kedaerahan atau keagamaan. Organisasi – organisasi wanita yang berdiri pada masa pergerakan nasianal antara lain :
a. Putri mardika
                merupakan bagian dari organisasi budi utomo merupakan organsasi keputrian tertua. Tujuannya adalah memberikan bantuan, bimbingan dan penerangan – penererangan pada wanita pribumi dalam menuntut pelajaran dan menyatakan pendapat di muka umum. Kegiatannya diantaranya memberikan beasiswa, menerbitkan majalah bulanan. Tokohnya ; R.A Sabarudin, R.A Sutinah, R.R Rukmini.
b. Kartini Fonds (dana kartini )
                Organisasi ini di dirikan oleh tuan dan nyonya C.Th. Van Deventer, tokoh politik etis. Salah satu usahanya mendirikan sekolah sekolah misalnya ; Sekolah kartini di Jakarta, bogor, semarang, 1913. Di madiun 1914. Malang dan Cirebon 1916, Pekalongan 1917, Indramayu 1918, Surabaya dan Rembang.
c. Kautamaan istrii
                Organisasi ini didirikan tahun 1904 di Bandung oleh raden dewi sartika, Tahun 1910 didirikan sekolah Kautamaan istri dengan tujuan mengajar anak anak gadis agar mampu membaca, menulis dan menghitung, punya keterampilan kerumahtanggaan agar kelak menjdi ibu rumah tangga yang baik. Kegiatan ini di ikuti oleh kaum wanita lainnya Seperti di Garut, Purwakarta, dan Padang panjang.
Waduh cape gan ngetik segini juga di lanjut di sini yach seterusnya ..
gerakan wanita

No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.