Zuckerberg Bidik Dana US$5 Miliar

Zuckerberg Bidik Dana US$5 Miliar
Kode saham FB tidak sesuai untuk jejaring sosial yang bisa membawa orang menemukan-cinta lama mereka, atau bahkan bercerai.
Irana Shalindra
ACEBOOK. situs jejaring
sosial terbesar di dunia,r akhirnya mengumumkan JL. rencananya melantai di bursa. Facebook menargetkan dapat meraup dana segar USS5 miliar (sekitar Rp45 triliun) atau setengah dari perkiraan para analis.
Kendati begitu, penawaran saham perdana (initial public of-feringllPO) Facebook ini tetap terhitung sebagai penjualan saham terbesar yang pernah dilakukan perusahaan internet.
Facebook yang baru berumur 8 tahun dan dibuat seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg, mengajukan rencana melantai kepada Securities and Exchange Commission setelah penutupan bursa di AS, Rabu (1/2) waktu setempat.
Dokumen pengajuan tersebut juga mengungkapkan data perusahaan yang selama ini kerap menjadi subjek spekulasi.
Data itu mengungkapkan pendapatan bersih Facebook pada 2011 naik 65% hingga US$1 miliar, dengan pendapatan total US$3,71 miliar. Data tersebut juga mengungkapkan sang pendiri Fa-cebook, Zuckerberg, memiliki 28,4% saham. Selain itu diungkap pula jumlah pengguna Facebook yang telah mencapai 845 juta dan 443 pengguna rutin harian.
Target penjualan US$5 miliar akan menjadi IPO perusahaan internet terbesar sejak Google berhasil mendapat US$1,67 miliar dari IPO mereka pada 2004 silam. "Perusahaan jauh lebih menguntungkan dari yang kita duga," ujar Kathleen Smith, manajer firma konsultasi IPO Renaissance Capital.
Dia mengatakan nilai Facebook begitu menakjubkan. Namun, dia juga menambahkan Facebook perlu mendiskusikan lebih jauh asal-muasal tenaga pertumbuhan mereka.
"Apa lagi area bisnis lain yang bisa digarap selain tampilan iklan?" ujarnya.
Jumlah final yang akan didapat Facebook masih bisa berubah. Pasalnya, para bankir akan terus mengukur permintaan investor terhadap saham Facebook selama beberapa bulan ke depan.
"Facebook diperkirakan akan berharga penaksiran US$80-US$100 miliar karena kami yakin mereka akan menjadi media sosial global yang dominan." ujar Richard Nunn dari Charles Stanley Securities.
"Mereka memiliki lebih dari 100 juta pengguna lebih banyak di AS daripada Google ketika IPO. Google kini bernilai US$180 miliar. Terutama bagi para pengiklan, rata-rata penggunaan hingga 6 jam 51 menit per bulan yang dihabiskan di Facebook memukul pesaing dalam beberapa hal."
Kode saham
Facebook yang telah mengubah cara politisi menghabiskan uang, ikut memicu revolusi, dan membuat orangtua kerepotan mengawasi anak mereka mengumumkan FB sebagai kode sahamnya.
Kode tersebut mengundang pertanyaan karena dirasa lebih cocok untuk bank atau perusahaan asuransi. Kode FB dianggap tidak sesuai untuk jejaring sosial yang bisa membawa orang menemukan cinta lama mereka, membuat me-reka dipecat, bahkan bercerai.
Kode BOOK bisa terlihat lebih kreatif. Sebab, FACE telah dipakai perusahaan kos/netik.
Sebuah kode seperti pelat nomor khusus, yang bisa membuat para investor mengingat sebuah perusahaan. Simbol satu huruf bahkan menjadi dambaan banyak perusahaan. Simbol hurufC untuk Citigroup, yang sebelumnya dipakai Chrysler, merupakan simbol status dunia yang berbeda.
Kadang-kadang perusahaan bisasangat kreatif. Perusahaan kasur Sealy menggunakan kode ZZ. Produsen sepatu Steven Madden menggunakan SHOO. Southwest Airlines memakai LUV, merujuk pada Bandara Love Field di kampung halaman mereka di Dallas.
Dulu, untuk memilih kode richer, perusahaan harus bertanya kepada Nasdaq, New York Stock Exchange, atau bursa lainnya, untuk meminta izin menggunakan suatu kode.
Namun beberapa tahun lalu, regulator menghentikan praktikpemberian ticker oleh bursa. Hal itu juga untuk mencegah bursa pilih kasih.
Peraturan baru pun mengatakan kode 1 hingga 5 huruf bisa digunakan di semua bursa. Aturan itu dimaksudkan untuk menghapus jumlah huruf kode sebagai penentu melantai di suatu bursa. Pada pengajuannya, Facebook mengatakan berencana melantai di Nasdaq atau NYSE.
 
 
untuk lebih jelasnya silahkan klik disini . .


Rating: 3.5

No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.