Inilah Hari Batik Nasional Yang Sebenarnya

Hari ini tanggal 2 Oktober kita masyarakat Indonesia pasti banyak yang memakai baju batik, yup karena hari yang istimewa ini adalah Hari Batik Nasional. Ini merupakan sejarah yang baru dan akan selalu melekat di memori kita, karena tidak pernah kain tradisional kita memakai alas nasional selain kain batik ini.

Batik diakui oleh UNESCO sebagai kontribusi budaya Indonesia kepada dunia. Untuk itulah dihari kamis 02 Oktober 2014 ini kita dengan bangga merayakan hari kain tradisional indonesia yang indah itu.

Ini bukan pertama kalinya UNESCO telah mengakui kontribusi bangsa indonesia untuk warisan dunia, karena wayang dan keris (belati) mendapat perlakuan yang sama di tahun 2003.

Beberapa masyarakat Indonesia berpikir bahwa batik adalah produk khas Jawa. Hal ini tidak benar meskipun dimengerti karena cerita tentang batik di daerah indonesia cukup langka. Namun batik dapat ditemukan di seluruh ribuan pulau dari Sumatera di barat sampai ke Papua di timur.

Dengan adanya pengakuan dari badan dunia UNESCO harusnya memacu pemerintah untuk mendukung produsen batik, karena batik ini minim promosi ke luar negeri yang tentu saja tujuannya untuk membantu membuat batik Indonesia menjadi ikon internasional dalam dunia fashion global. Inilah tugas kita, harus ada lebih dari upaya tersebut.

Kekhawatiran yang beralasan di negara ini adalah orang asing sering muncul untuk menghargai warisan budaya kita lebih dari yang kita lakukan sendiri.
Generasi muda misalnya, cenderung mengabaikan tradisi kuno teknik pencelupan batik, meskipun mereka lebih tertarik untuk memakai pakaian batik dalam beberapa tahun terakhir ini.

Pemuda Indonesia juga cenderung menjauhi Ikon tradisional lainnya seperti wayang, angklung, gamelan, tarian tradisional atau bahkan dialek. Di sisi lain, banyak universitas di luar negeri memiliki kelas gamelan. Aliran mahasiswa asing datang ke tempat-tempat seperti Yogyakarta dan Bali untuk belajar tentang tarian tradisional kita.

Untuk itu kita harus menjadi lebih sadar bahwa kita masih memiliki banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk menjaga warisan budaya kita.

Sekali lagi Selamat Hari Batik Nasional :)

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Yapp. kita harus tetap melestarikan budaya kita !

    ReplyDelete
  3. Halo ! kamu kena tag The Liebster Award dari aku. silahkan baca dan penuhi syaratnya ya :D disini > http://thaliaskartal.blogspot.com/2014/10/the-liebster-award-firsttime.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah :) bisa di cek di http://www.hamdannawawi.blogspot.com/2014/10/liebster-award-discover-new-blogs.html

      Delete

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.