Apakah Ice Bucket Challenge Berbahaya?

Hai selamat pagi semuanya, apa kabar? Semoga baik baik saja yah dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Sahabat semua akhir akhir ini kita banyak sekali mendengar tantangan Ice Bucket Challenge. Etah itu dari kalangan artis, pebisnis, orang biasa sampai anak anak pasti sudah tahu tentang hal ini bahkan bisa saja mereka sudah melalukan tantangan ini.

Apa sih Ice Bucket Challenge itu?

Awalnya ice bucket challenge ini di lakukan untuk seru seruan dalam rangka mencari dana untuk ALS, berikut penjelasan versi Wikipedia-nya:
The Ice Bucket Challenge, sometimes called the ALS Ice Bucket Challenge, is an activity involving dumping a bucket of ice water on someone's head to promote awareness of the disease amyotrophic lateral sclerosis (ALS) and encourage donations to research.

It went viral on social media during July–August 2014. In the US , many people participate for the ALS Association , and in the UK , many people participate for the Motor Neurone Disease Association, although some individuals have opted to donate their money from the Ice Bucket Challenge to other organizations.

Sebelum menumpahkan air es ke kepala dan badan, biasanya mereka menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Orang yang mendapat tantangan biasanya memiliki waktu 24 jam untuk memenuhi tantangan tersebut apabila tidak bisa,  orang yang ditantang harus memberikan donasi.

Meskipun dana dari donasi donasi yang sudah terkumpul lumayan banyak sekitar $111,1 juta dollar untuk ALS, tapi apa yang kita lakukan ternyata mempunyai dampak negatif lho. Selain dingin di kepala dan badan atau masuk angin dampak negatif lain yang berbahaya seperti Shock, Hipotermia, Kebutaan bahkan sampai kematian.

Apa sih yang tubuh kita rasakan?

Meskipun tubuh kita bisa beradaptasi dengan kondisi tersebut karena tubuh kita akan mempertahankan panas tubuh. Tapi kalau suhunya terlalu dingin maka akan terjadi yang namanaya hipotermia.

Hipotermia
Hipotermia adalah suatu kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin dimana Gejala hipotermia ringan adalah penderita berbicara melantur, kulit menjadi sedikit berwarna abu-abu, detak jantung melemah, tekanan darah menurun, dan terjadi kontraksi otot
sebagai usaha tubuh untuk menghasilkan panas.

Pada penderita hipotermia moderat, detak jantung dan respirasi melemah hingga mencapai hanya 3-4 kali bernapas dalam satu menit. Pada penderita hipotermia parah, pasien tidak sadar diri, badan menjadi sangat kaku, pupil mengalami dilatasi, terjadi hipotensi akut, dan pernapasan sangat lambat hingga tidak kelihatan.

Cedera Mata
Saat menyiramkan air es yang berisikan bongkahan es, dapat mengenai kornea mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Cold Shock Response
Bahaya menyiramkan air dingin secara tiba tiba bisa mengakibatkan serangan jantung bagi penderita yang menderita jantung lemah.

Faktor resiko dari ice bucket challenge
- Seberapa dingin air
- Kondisi orang
Karena dua orang dengan kondisi normal belum tentu bisa bertahan dalam kondisi yang sama.

Yang seperti apa yang tidak boleh melakukan Ice Bucket Challenge?

Sebaiknya ketahui dulu kondisi tubuh kita, apabila keadaan badan sedang tidak fit atau apabila tubuh kita ada gangguan gangguan seperti gangguan jantung dan gangguan yang berhubungan dengan pembuluh darah sebaiknya tidak melakukan tantangan ini. Selain itu pada kondisi ibu hamil juga tidak dianjurkan melakukan Ice Bucket Challenge, juga orang yang mempunyai tekanan darah tinggi.

Nah kalau seandainya sudah jelas tubuh kita sehat, its ok anda bisa nelakukan tantang Ice Bucket Challenge tersebut. Tapi alangkah lebih baik di dampingi dengan petugas kesehatan.
Sebaiknya umur yang melakukan tantangan ini sudah termasuk kategori Remaja dari umur 18 tahun keatas. Dan tidak di anjurkan untuk orang yang sudah lanjut usia. Nah untuk yang sudah melakukan tantangan ini sebaiknya kita langsung keringkan badan dan ganti baju untuk hangatkan badan.

Jadi sahabat sebelum ikut-ikutan trends sebaiknya kita cari tahu dulu yah ;)
Semoga bermanfaat

2 comments:

  1. kalo di malang mandi jam 5 pagi aja udah berasa ice bucket challenge nya

    ReplyDelete

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.