Cara Membuat Media CD Interaktif - Uji Kompetensi 2014

Hai semuanya sudah lama banget nih ga posting di blog ini, akhir ahir ini soalnya jarang nge blog :D cuma baca baca aja di internet, apalagi kaskus hehe ane sekarang sering baca baca disitu gan, mau berteman sama ane juga boleh gan nih user ane nawawi2109 sok mangga di add friend, kalau bisa follow sama twitternya @HamdanNawawi :D, selain baca baca di internet, juga disekolah lagi sibuk sibuknya nih, apalagi sekarang ane kelas 3 SMK jadi yah sudah sangat dekat dengan Ujian Nasional. Jadi untuk persiapan mau gak mau harus dari sekarang, betul ga?

Oh iya terlepas dari Ujian Nasional tentu untuk pelajar SMK, sebelum ujian nasional maka kita akan melaksanakan Uji Kompetensi terlebih dahulu atau yang sering kita sebut dengan UJIKOM, dan tentu saja uji kompetensi ini merupakan salah satu syarat juga untuk bisa mengikuti Ujian Nasional.

Untuk Uji kompetensi SMK jurusan multimedia, biasanya judul judul atau soal uji kompetensi yang muncul adalah mengenai Bumper, CD Interaktif, Company Profile, Web Design, Iklan Layanan Masyarakat, Animasi, dan lain lain.

Cara Membuat Media CD Interaktif - Uji Kompetensi 2014

Nah untuk anda yang memilih judul CD Interaktif, disini saya akan menjelaskan sedikit cara membuat cd interaktif dengan menggunakan software macromedia flash 8, sebenarnya mudah pake adobe flash cs4 sih tapi berhubung cd interaktif ini merupakan hasil dari prakerin waktu bulan kemaren yang buatnya di macromedia flash jadi saya langsung share pake software macromedia flash saja :D

CD Interaktif merupakan sebuah media yang menegaskan sebuah format multimedia dapat dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dengan tujuan aplikasi interaktif di dalamnya. CD ROM (Read Only Memory) merupakan satu-satunya dari beberapa kemungkinan yang dapat menyatukan suara, video, teks, dan program dalam

Dari sini jelas bahwa sistem interaktif yang dipakai CD Interaktif sama persis dengan sistem navigasi pada internet, hanya yang berbeda di sini adalah media yang dipakai keduanya. CD Interaktif memakai media offline berupa CD sementara Internet memakai media online.

Untuk jenisnya sendiri CD Interaktif ini banyak sekali, ada untuk slide show foto, ada untuk wedding, ada untuk pembelajaran, Company Profile dan lain lain. Nah berhubung CD Interaktif ini dibuat waktu PRAKERIN di PT. Pertamina Geothermal Energi Area Kamojang nah tentunya cd interaktif yang akan saya bahas ini mengenai Company Profile perusahaan tersebut. Ok kita langsung buat gan :D

1. Buat sebuah dokumen baru pada macromedia flash atau adobe flash dengan ukuran width 1024px dan height 768px dan resolusi 72 px/inch, karena resolusi ini cocok untuk semua display dan jangan lupa untuk pilih actionscript 2.0 soalnya biar lebih mudah.

Cara Membuat Media CD Interaktif

2. Buatlah sebuah garis berbentuk persegi dengan menggunakan Rectangle Tool (R).

Cara Membuat Media CD Interaktif

3. Sekarang buat garis menyimpang dari bawah kearah sisi kanan dengan menggunakan Line Tool (L)

Cara Membuat Media CD Interaktif

4. Selanjutnya gunakan Selection Tool (V) untuk membengkokan garis tadi, kemudian hapus garis yang tidak terpakai.
Cara Membuat Media CD Interaktif

5. Setelah itu tinggal beri warna dengan menggunakan Paint Bucket Tool (K). disini saya memakai wara merah

6. Nah jika sudah di beri warna langkah selanjunya kita akan meletakan beberapa gambar yang nantinya akan berfungsi sebagai menu yang dapat kita klik. Untuk meletakan beberapa gambar kita harus meng import nya terlebih dahulu, untuk mengimport klik file > import atau kita juga bias menggunakan shortcut CTRL + R.
Cara Membuat Media CD Interaktif

7. Pilih beberapa gambar, disini saya sudah menyiapkan beberapa gambar yang di edit terlebih dahulu dengan software Photoshop CS5. Jika sudah di import maka di panel library akan ada file yang kita import.

8. Sebelum kita memasukan file gambar ke stage, kita buat layer baru terlebih dahulu.

Cara Membuat Media CD Interaktif

9. Drag file ke stage kemudian resize gambar dan susun supaya rapih.

Cara Membuat Media CD Interaktif

10. Setelah tersusun dengan rapih, sekarang klik Text Tool (T) untuk menambahkan beberapa text di area stage. Disini saya menggunakan jenis font Times New Roman. Atur ukuran font dan ganti warna hitam jadi warna putih.
Cara Membuat Media CD Interaktif

11. Nah untuk halaman berandannya sudah selesai. Berikut screenshotnya :

Cara Membuat Media CD Interaktif

Berhubung hari sudah malam nih, waktunya nonton tv dulu hehe kemudian tidur deh besok kan sekolah lagi wkwkw ok kita lanjut besok untuk tutorialnya. lanjut di part 2 yah :D

Semoga Bermanfaat :)

2 comments:

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.