Adab Berpakaian



 lagi gerjain lks malah kepikiran pengen share ya udah di she aja deh langsung aja>>>>

Bagi orang islam, berpakaian untuk menutup aurat hukumnya wajib. Jadi berpakaian tidak hanya soal berpakaian , tetapi berpakaian dalam islam adlah pakaian yang dapat menutup aurat. Kriteria berpakaian tidak berdasarkan mode yang baru tren , popular, atapun model  yang baru menanjak dan terkenal di saat itu. Pakaian bermacam – macam di perbolehkan, tetapi harus menutup aurat, yaitu pakaian yang di dasarkan  Al-Qur’an dan hadits. Sesuai dengan firman allah dalam Al-Qu’an Surah Al- A’raf ayat 26 yang artinya :
“hai anak adam  sesungguhnya kami telah meurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan , dan pakaian takwa itulah yang paling baik, yang demikian itu adalah sebagian dari tanda tanda kekuasaan allah, mudah mudaha mereka selalu ingat,"

1. Kriteria pakaian menurut islam  
Menurut syeikh Muhammad nashiruddin Al-Albani, pakaian bagi wanita muslimah ada delapan syarat yang harus di penuhi menurut islam.
  1. Menutup seluruh tubuh selain yang di kecualikan, yaitu muka dan kedua telapak tangan . hal ni sesuai dengan Q.S. An-Nur : 31
  2. Tidak erfungsi sebagai hiasa mereka, sesuai Q.S Al-Ahzab ayat 33.
  3. Kain harus tebal, bukan kain yang tipis yang tembus pandang.
  4. Harus longgar dan tidak ketat, sehingga jika di pakai akan menggambarkan bentuk dan lekuk tubuhnya.
  5. Tidak di beri parfum atau wewangian.
  6. Tidak menyerupai pakaian laki-laki.
  7. Tidak menyerupai pakaian orang kafir
  8. Tidak libas syuhrah, yaitu pakaian popularitas atau pakaian tren/terkenal saat itu sehingga dapat meraih rasa gengsi di tengah kerumunan orang orang banyak.
Adapun bagi kaum lelaki muslim yaitu seperti ketentuan di dalam melaksanakan shalat, tertutup tubuhnya dari pusar sampai lutut.
 Di dalam hadis di sebutkan bahwa seorang wanita tidak akan dapat masuk surga dan bahkan tidak dapat mencium bau surga di sebabkan karena :
  1. ia berpakaian tetap telanjang (pakaian minim).
  2. berpakaian yang terlalu tipis (tembus pandang).
  3. berpakaian yang terlalu ketat,
  4. berpakaian yang sebagian auratnya terbuka.
2. Tujuan berpakaian
Agama islam tidak melarang terhadap mode mode serta gaya pakaian yang berkembang seperti di masa akhir akhir ini. akan tetapi, prinsip prinsip dasar pakaian haruslah dipenuhi sesuai dengn ajaran islam yang berdasarkan Al-Qur'an maupun hadits.
Beberapa tujuan berpakaian menurut islam adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menutup aurat.
  2. Untuk memelihara diri dari panas dan bahaya lainnya sesai dengan surat An-Nahl ayat 81 yang artinya : " Dan allah menjadikan tempat bernaung bagimu dari apa yang telah dia ciptakan, dia menjadikan bagimu tempat tempat tinggal di gunung gunung, dan dia menjadikan pakaian bagimu yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju beia) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikian allah menyempurnakan nkmat-Nya kepadamu agar kamu berserah diri (kepada-Nya)."
  3. Untuk beribadah kepada allah swt. sesuai dengan Q.S. Al-A'raf ayat 31 yang artinya : "Wahai anak cucu adam! Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) mesjid, makan dan miumlah, tetapi jangan berlebihan. sungguh, allah tidak menyukai orang yang berlebih lebihan."
  4. Menghindari godaan syetan, sesuai dengan Q.S. Al-A'raf ayat 27.
  5. Dikenal sebagai muslimah dan akan dapat terhindar dari gangguan perbuatan negatif, sesuai dengan Q.S. A;-Ahzab ayat 59 yang artinya : "Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu anak anak perempuanmu dan istri istri orang mukmin, hendaklah mreka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk di keali, sehingga mereka tidak di ganggu. dan allah maha pengampun, maha penyanyang."                                 Cat :    jilbab ialah sejeniss baju kurng yang lapang yang dapat menutup kepala, muka, dan dada.
  6. Agar mendaptkan rida allah swt. karena semuanya dilakukan telah sesuai dengan yang ditetapkan oleh allah swt. dan Rasul-Nya.

No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.