MENYIMAK UNTUK MEMAHAMI INFORMASI LISAN DALAM KONTEKS BERMASYARAKAT


A. Memahami Sumber Informasi

Segala sesuatu yang memberikan tambahan pengetahuan serta wawasan
seseorang dapat disebut informasi. Informasi dapat diperoleh melalui
berbagai sumber dalam bentuk lisan maupun tulisan yang disebut dengan
sumber informasi. Sumber informasi dapat berbentuk media tulis cetak,
seperti buku, koran, tabloid, majalah, ensiklopedia, surat, buletin, jurnal,
dan selebaran. Sumber informasi dapat pula berbentuk media elektronik,
seperti radio, televisi, internet, atau didapat langsung dari narasumber yang
bersangkutan dengan melalui percakapan, wawancara, diskusi, seminar,dan lain-lain. Narasumber tentunya orang-orang yang dianggap ahli di
bidangnya, seperti tokoh agama, para guru, dan ilmuwan.
Sesuatu disebut sumber informasi jika memenuhi kriteria di bawah
ini.
1. Berisi informasi bersifat objektif, masuk akal, dan faktual
2. Mudah didapat dan dikenal oleh umum
3. Keberadaannya resmi atau diakui
4. Dapat berupa media cetak atau elektronik
5. Dapat ditelaah, dikaji, dan dijadikan ilmu
6. Dapat berbentuk arsip, dokumentasi, dan peninggalan sejarah yang
memang telah diteliti kebenarannya
7. Dapat berupa narasumber, yaitu dari orang yang diakui ahli dalam
bidangnya, informasinya dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan
Sesuatu tidak dapat disebut sumber informasi jika memenuhi kriteria
berikut.
1. Sarananya belum dikenal secara umum
2. Berisi hal-hal yang tak masuk akal dan tak dapat dibuktikan
kebenarannya
3. Masih berisi asumsi, opini, yang perlu dikaji lagi secara ilmiah
4. Sumber informasi tidak akurat dan tidak tetap, selalu berubah-ubah
Banyak sumber informasi yang dapat kita pilih. Memilih sumber
informasi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan kemudahan dalam
mendapatkannya, kualitas isinya, dan bentuk penyampaiannya. Untuk
sumber informasi yang berbentuk media cetak, tentunya cara memperoleh
atau menggalinya ialah dengan membaca. Kegemaran membaca membantu
memperolah informasi sebanyak-banyaknya dari sumber informasi cetak
atau tertulis. Jika membaca tidak menjadi kegemaran, kemungkinan
mendapatkan informasi dapat dengan memanfaatkan media elektronik.
Informasi yang disajikan berbetuk audio-visual, selain dapat dilihat juga
dapat didengar. Bentuk media elektronik saat ini dibuat dengan aneka
ragam bentuk serta model yang dapat digunakan dan dinikmati oleh siapa
saja dan kapan saja.

Sumber informasi juga dapat dijadikan sarana penunjang proses belajarmengajar
di sekolah. Perpustakaan sekolah merupakan sarana berisi alat
dan sumber belajar. Di bawah ini diuraikan bentuk dan jenis-jenis sumber
informasi.
Tertulis / cetak Lisan Narasumber
a. kamus
b. buku ilmu pengetahuan
c. buku pelajaran
d. ensiklopedia
e. teks atau naskah
dan lain sebagainya
a. rekaman siaran televisi
b. rekaman radio
c. rekaman wawancara
d. rekaman pidato/khotbah
e. pembacaan wacana/
teks/naskah langsung
a. hasil tanya jawab
b. hasil wawancara
c. pengamatan/
observasi
dan lain
sebagainya
Dalam kegiatan menyimak, sumber informasi yang digunakan sebagai
bahan simakan adalah yang berbentuk rekaman atau uraian lisan. Melalui
informasi yang didengarnya, siswa melakukan penyimakan.


                                            To Be Continued . . .

No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.