Pengertian Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Pengertian Kewirausahaan (Entrepreneurship)

Enterpreneurship awal mulanya berasal dari bahasa perancis, yaitu Enterprende yang berarti petualang, pencipta, dan pengelola usaha, sedangkan kewirausahaan dengan istilah entrepreneurship. Kata entrepreneur secara tertulis pertama kali digunakan oleh Savary pada tahun 1723 dalam bukunya “Kamus Dagang”.

Wirausaha (entrepreneur) adalah seseorang yang memiliki dorongan kekuatan untuk memperoleh suatu tujuan, suka mengadakan eksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya, diluar kekuasaan orang lain.

Sedangkan yang dimaksud dengan Kewirausahaan (entrepreneurship) adalah bentuk usaha utuk menciptakan nilai lewat pengakuan terhadap peluang bisnis, manajemen, manajemen pengambilan resiko yang sesuai denagan peluang yang ada, dan lewat keterampilan komunikasi dan sumberdaya yang diperlukan untuk membawa sebuah proyek sampai berhasil.

Dalam bentuk yang lain, kewirausahaan didefinisikan seagi advanturisme (berpetualang), risk taking (mengambil resiko) dan thrill-seeking (pencari kegentaran).

Dalam bentuk sederhana, kewirausahaan berkonotasi mengimplementasikan. yang berarti mengerjakan (sesuatu), yaitu sesuatu yang harus dikerjakan seorang wirausaha. Perhatian dan ketertarikan terhadap masalah kewirausahaan ini sangat tepat karena kita memerlukan apa yang dapat dikerjakan dan diberikan oleh wirausaha (entrepreneurs) seperti:
  • Produk produk baru dan jasa jasa baru
  • Pekerjaan baru
  • Lingkungan kerja yang kreatif
  • Cara cara baru melakukan kegiatan bisnis
  • Bentuk baru penciptaan bisnis (new business innovation)


No comments:

Post a Comment

No Verification code, link aktif dan spam akan saya hapus.